Selasa, 25 November 2014

Mengendalikan Diri

 
    Menurut saya, mengendalikan diri merupakan suatu sikap pengendalian diri kita terhadap hawa nafsu yang dimana mengarah kepada perilaku yang negatif dikarenakan hawa nafsu yang tidak terkendali akan menjatuhkan martabat diri kita sendiri, maka daripada itu kita harus senantiasa merenungkan apakah yang kita lakukan itu baik atau buruk, sebelum melakukannya. Pengendalian diri akan manjadi efektif jika diri kita sendiri tidak bersahabat dengan rasa egois atau mengutamakan kepentingan diri sendiri. Dalam beberapa hari belakangan ini, Alhamdulillah di setiap aktivitas yang saya lakukan saya selalu bersikap untuk tidak terlalu memasuki dunia orang lain terlalu dalam dan selalu berpikir ulang dalam setiap aktivitas pergaulan yang saya lakukan, terutama pergaulan di kampus yang bisa dikatakan begitu keras, jangan sampai saya salah masuk dalam pergaulan yang negatif. Misalkan, saya selalu mengendalikan setiap hawa nafsu terhadap lawan jenis, seperti sampai saat ini saya belum pernah merasakan nikmatnya berpacaran. Karena saya berprinsip bahwa tidak ada gunanya berpacaran jika di kedua pihak tidak bisa mengendalikan hawa nafsunya yang nantinya dapat menjatuhkan martabat hidupnya masing-masing, karena sebenarnya dalam pandangan Islam pun tidak ada yang namanya berpacaran, akan lebih baik jika dikatakan sebagai pendekatan menuju pernikahan. Itulah alasan saya belum bisa berpacaran sampai saat ini, melainkan hanya pendekatan saja kepada lawan jenis. 
Namun, di lain hal saya pun terkadang tidak bisa mengendalikan diri terhadap apa yang saya sangat ambisikan atau sesuatu yang sangat saya sukai, saya merupakan tipe seseorang yang terkadang keras kepala dan sangat susah merubah keputusan yang sudah bulat pada diri saya sendiri, dan pada akhirnya pun hawa nafsu yang begitu tinggi tersebut pun sangat susah untuk dikendalikan pada diri saya di saat saya sudah sangat berambisi terhadap apa yang saya ingin capai atau lakukan demi kepuasan diri saya sendiri. Karena pada umumnya, yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah karena manusia memiliki alat kendali diri yang dimana menurut saya harus senantiasa diintrospeksi dan melakukan pengoreksian diri terhadap diri sendiri agar manusia dapat mengendalikan hawa nafsunya tersebut. Insha Allah begitu juga dengan saya.


***

0 komentar:

Posting Komentar