Sabtu, 20 September 2014

Tanggung Jawab

 
    Menurut saya, sikap tanggung jawab merupakan upaya menerima akibat dan konsekuensi dari sebab berupa pikiran, perasaan, ucapan, dan tindakan, baik di dunia maupun di akhirat. Beberapa waktu belakangan ini, Alhamdulillah saya telah bertanggung jawab terhadap banyak hal, seperti pada tugas kelompok kuliah, tugas pribadi, serta pada tata cara berucap di kehidupan sosial sekitar. Dalam mengerjakan tugas kuliah apapun, saya selalu berprinsip: memikirkan, merencanakan, dan bertindak. Itu merupakan suatu upaya pencapaian kebaikan diri sendiri, maupun orang sekitar karena secara tidak langsung itu merupakan sikap tanggung jawab untuk menyelesaikan hal atau bertindak secara baik dan benar demi masa depan yang lebih unggul.
      Dalam tata cara berucap pun terkadang saya teramat sangat berhati-hati, baik di kehidupan dalam kampus, maupun di luar kampus. Karena di setiap ucapan saya, ada suatu pertanggungjawaban yang harus dilakukan, jangan sampai menyinggung atau bahkan menyakiti perasaan lawan bicara atau orang sekitar saya, apalagi di dalam pergaulan kuliah yang terkadang keras. Jika saya melakukan kesalahan apapun, baik kesalahan bertindak maupun berucap, saya biasanya langsung bertanggung jawab untuk berusaha merubah kesalahan atau mengintrospeksi diri, karena dengan sikap sekecil atau sepele itupun tentu dapat menciptakan benih-benih pemimpin di masa depan yang semakin unggul. Aamiin.


***

0 komentar:

Posting Komentar