Minggu, 28 September 2014

Peduli

      Menurut saya, sikap peduli terhadap sesama  adalah perasaan bertanggung jawab terhadap kesulitan yang dialami orang sekitar dan sesegera mungkin seseorang tersebut akan tergerak hatinya untuk melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Beberapa waktu belakangan ini, Alhamdulillah saya senantiasa peduli terhadap keadaan orang-orang sekitar, seperti salah satunya saya terkadang di kehidupan sosial (terkhusus kehidupan kuliah) teramat senang dalam budaya tolong-menolong atau kerja sama, seperti dalam mengerjakan tugas individu maupun kelompok. Jika saya merasa sanggup dan menguasai tugas yang diberi dosen tentu ilmu itu akan senantiasa saya berikan kepada teman-teman saya yang butuh pengajaran lebih. Saya dari zaman-zaman sekolah pun sebelumnya sudah terbiasa menjadi pengajar atau sekedar berbagi ilmu dengan teman-teman yang membutuhkan karena saya berprinsip bahwa buat apa saya diberi Tuhan kemampuan mengingat ilmu yang Alhamdulillah luar biasa, tetapi tidak diamalkan atau tidak memberikan ilmu itu untuk teman-teman yang dimana mayoritas lebih banyak membutuhkan pengajaran lebih dari teman sendiri dibandingkan dari guru atau dosen pengajar, karena dimana-mana saya melihat setiap orang lebih cepat paham jika diajarkan teman sendiri bila dibandingkan dengan guru atau dosen pengajar. Menurut saya, dalam hal yang sangat mudah dilakukan setiap saat pun, seperti memberikan senyuman secara tulus kepada orang lain tentu itu merupakan salah satu perwujudan dari sikap kepedulian saya, dimana berarti saya telah memberikan kebahagiaan lahir dan bathin, serta memberikan kenyamanan kepada orang tersebut. Saya beberapa hari belakang ini juga Alhamdulillah telah memberi bantuan dana kepada teman saya yang membutuhkan dan tentu tidak akan mengharapkan imbalan sepersen pun, karena pemberian ini saya dasarkan atas niat yang tulus. Dalam hal ini, saya selalu berprinsip bahwa lebih baik MEMBERI daripada MENERIMA, serta harus selalu mengasihi yang KECIL dan menghormati yang BESAR.
      Saya juga pernah sesekali bersikap egois terhadap orang sekitar, seperti terkadang di dalam kelas saya selalu ingin mendapatkan nilai lebih di setiap kuis tanya-jawab karena saya merupakan tipe seseorang yang cukup berambisi untuk mendapatkan target nilai yang saya sudah rencanakan dari awal, bukan untuk dilihat menonjol oleh orang lain, tetapi saya berpikir disaat seperti inilah saya harus berlomba-lomba mendapatkan nilai-nilai lebih untuk mewujudkan target besar saya tersebut. Menurut saya, perlunya memiliki rasa kepedulian sosial untuk menjalin suatu kerja sama karena pada umumnya manusia saling membutuhkan dan tidak bisa melakukan segala sesuatunya secara sendirian, semuanya membutuhkan orang lain. Dengan adanya rasa peduli terhadap sesama, tentu saya dapat mewujudkan persatuan dan kesatuan dengan orang-orang sekitar, serta akan menciptakan kondisi yang kuat dan harmonis.

***

0 komentar:

Posting Komentar