Jumat, 19 September 2014

Jujur


 

      Menurut saya, sikap jujur adalah kredibilitas atau kualitas hidup seseorang, karena dengan bersikap jujur atau mengatakan apa adanya, tentu orang lain akan memercayai setiap ucapan dan perbuatan saya, asalkan kejujuran itu didasari atas niat yang tulus. Beberapa waktu belakangan ini, Alhamdulillah saya telah melakukan tindakan jujur, salah satunya adalah mematuhi aturan DK UMB 2014 dan aturan kampus itu sendiri. Selama DK, saya mematuhi setiap tata tertib atau aturan yang berlaku disana, seperti harus memakai sepatu kets hitam, mengenakan kemaja batik lengan pendek dan celana bahan warna hitam, serta yang paling utama bagi laki-laki adalah rambut harus crew cut 1,5  cm. Menurut saya, itu adalah salah satu sikap jujur yang diikuti dengan perilaku disiplin dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Saya merupakan tipe seseorang yang terlalu polos dan jujur, karena di setiap kapanpun dan dimanapun saya selalu mengatakan apa adanya. Saya terlahir di keluarga yang mengajarkan kepada saya untuk tidak bersikap egois dan selalu mempertimbangkan kepentingan orang lain, tidak selalu mementingkan keperluan pribadi. Itu juga merupakan salah satu poin dalam aspek kejujuran, dimana di saat saya jujur di saat itulah saya telah menghargai orang lain dan tidak membuat rugi orang lain.
       Dalam tugas presentasi kimia pun, secara tidak langsung saya diajarkan untuk bersikap jujur. Jikalau dalam suatu kerja sama terdapat kesulitan-kesulitan, berarti terdapat suatu ketidakjujuran di dalamnya. Dimana sikap jujur itu berhubungan erat dengan rasa tanggung jawab, baik ucapan atau perbuatan diri sendiri. Jadi, Alhamdulillah dalam tugas presentasi kimia ini, saya sekelompok dengan beberapa orang yang semuanya mudah diajak bekerja sama dan yang pada akhirnya selesai dengan lancar dan cepat, itu semua karena kejujuran dalam pemikiran bersama. Dalam waktu belakangan ini, Alhamdulillah saya selalu bersikap jujur dan tetap bertanggung jawab terhadap ucapan, maupun perbuatan diri sendiri dan Insha Allah dalam waktu ke depan akan terus seperti ini. Karena saya yakin dengan saya bersikap jujur dan apa adanya, itu merupakan sebuah kenikmatan kebahagiaan sejati dimana akan meningkatkan kredibilitas hidup saya sendiri.

***

0 komentar:

Posting Komentar