Senin, 06 Oktober 2014

Memiliki Prinsip Hidup

http://drobnostka.files.wordpress.com/2011/05/success_and_happiness.jpg?w=630      Menurut saya, memiliki prinsip hidup bagi setiap umat manusia teramat penting untuk bisa membedakan antara yang hak dan yang bathil, karena dengan saya memiliki prinsip hidup berarti saya telah bersikap disiplin, serta tidak menyia-nyiakan waktu. Dalam waktu belakangan ini, Alhamdulillah saya selalu berdiri teguh terhadap prinsip hidup saya dari dulu, yaitu “Kegagalan bukanlah segalanya, hanya langkah awal dari keberhasilan yang tertunda dan introspeksi dirilah kuncinya”. Bisa dikatakan kegagalan adalah salah satu "hobi" saya beberapa tahun belakangan ini, baik dalam bidang akademis maupun non akademis. Dalam bidang akademis, tentunya saya pernah merasakan pahitnya ditolak secara "perlahan-lahan", baik di jalur SNMPTN maupun SBMPTN oleh PTN idaman saya dari kecil, yaitu Universitas Indonesia. Sedangkan dalam bidang non akademis, saya sudah merasakan 4 (empat) kali kegagalan di setiap audisi dalam bidang olah vokal, baik di dalam kampus sendiri maupun setingkat Nasional. Saya juga pernah merasakan pahitnya kegagalan dalam bidang modelling atau coverboy yang diadakan oleh salah satu majalah remaja terkemuka di Indonesia, saat itu saya sudah gagal di tahap awal. Jadi, kegagalan sudah menjadi kebiasaan dalam hidup saya, hanya ada satu cara untuk menutup kegagalan itu semua, yakni introspeksi diri. Alhamdulillah saya selalu mengevaluasi diri di setiap kegagalan yang pernah saya rasakan waktu itu, dan sisanya sekarang saya hanya bisa berserah diri kepada Allah SWT. karena pada dasarnya manusia tidak mampu berbuat sesuatu atau merubah nasibnya tanpa campur tangan Allah SWT. 
      Saya juga berprinsip bahwa, “Hidup baru akan terasa bermakna jika bermanfaat bagi orang lain dan diri sendiri”. Buat apa jika saya hidup hanya untuk membahagiakan diri saya sendiri tanpa orang lain ikut merasakan kebahagiaan yang saya rasakan. Seperti halnya pada seseorang yang memaafkan kesalahan yang saya perbuat, tetapi saya sendiri sangat sulit untuk menerima maaf dari orang lain. Alhamdulillah untungnya itu tidak terjadi pada diri saya sendiri. Pada umumnya, setiap manusia diharuskan memiliki prinsip hidup untuk mendapatkan rezeki yang barokah yang dimana berarti seseorang telah memanfaatkan nikmat Allah SWT. untuk jalan kebaikan, jalan menuju masa depan yang lebih baik atas dasar Allah SWT. Semoga, aamiin.

***

0 komentar:

Posting Komentar