Selasa, 31 Maret 2015

6.4. Pasar Oligopoli



Jelaskan ciri-ciri dari pasar oligopoli!
Ciri-ciri pasar oligopoli diantaranya adalah sebagai berikut.
a.     Perusahaan menghasilkan barang standar dan barang dengan jenis atau corak beragam. Industri dengan barang yang berstandar merupakan industri yang menghasilkan bahan baku, seperti produsen bensin, industri baja, semen, industri kimia, dan industri penghasil bahan bangunan. Selain itu, beberapa perusahaan dalam pasar oligopoli menghasilkan barang-barang dengan jenis atau corak yang berbeda-beda, seperti pada industri otomotif, industri sabun, industri telepon selular dan industri elektronik lainnya.
b.     Promosi melalui iklan secara terus-menerus. Perusahaan dalam pasar oligopoli yang menghasilkan barang-barang dengan jenis atau corak yang berbeda harus melakukan promosi untuk mengenalkan produknya pada pembeli. Perusahaan harus mengalokasikan dana cukup besar untuk biaya promosi atau iklan ini. Tujuan promosi ini adalah untuk menarik pembeli baru dan mempertahankan pembeli lama. Untuk perusahaan penghasil barang standar, biaya iklan relatif lebih kecil dan pomosi bertujuan untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat.
c.     Hanya terdapat sedikit penjual, biasanya antara tiga  sampai dengan sepuluh yang menjual produk substitusi. Pasar oligopoli mempunyai kurva permintaan dengan elastisitas silang (cross elasticity of demand) yang relatif  tinggi.
d.     Pada pasar oligopoli terdapat rintangan yang menyebabkan perusahaan lain sulit memasukinya. Hal ini karena perusahaan yang ada dalam pasar hanya sedikit.
e.     Keputusan harga yang diambil oleh suatu perusahaan harus dipertimbangkan oleh perusahaan yang lain. kekuatan harga tergantung pada cara harga itu ditentukan. Jika harga bukan merupakan kesepakatan, maka kekuatan harga menjadi lemah. Ketika suatu perusahaan menurunkan harga, maka peusahaan lain akan cenderung melakukan penurunan harga pula. Ketika harga dibuat dengan cara kesepakatan antara perusaaan yang ada dalam pasar oligopoli, maka harga cenderung lebih kuat, tidak mudah untuk diturunkan oleh suatu perusahaan.


***

0 komentar:

Posting Komentar